Selasa, 14 Desember 2010

0
INSTAL XP PAKE FLASEDISK

Sekarang ini sudah banyak beredar notebook yang berukuran kecil/mini. Disamping lebih ringkas, juga lebih mudah untuk di bawa kemana-mana.
jadi, dengan ukurannya yang kecil itu, rata-rata notebook yang beredar sekarang tidak memiliki Optical Drive (CD atau DVD). Tapi, bagi yang mempunyai duit lebih tidak jadi masalah karena  sekarang juga telah ada di jual CD ROM  Exsternal.

Nah, sesuai dengan judul postingan kali ini, kita akan mencoba menginstall windows xp tanpa menggunakan CD ROM melainkan menggunakan Flash Disk.
tutorial ini pasti Anda butuhkan jika suatu saat Anda di suruh menginstall notebook yang tidak memiliki CD ROM atau laptop yang CD ROM-nya sudah rusak. (seperti CD ROM laptop saya) :p wkwkwk….

pertama, bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah:
- Laptop atau komputer yang mempunyai CD ROM dan port USB yang masih bagus.
- sebuah USB Flashdisk, berkapasitas 1 atau 2 GB
- CD Instalasi Windows XP
- aplikasi pembuat module installasi.
pada tutorial ini saya menggunakan USB_PREP8 dan PEtoUSB
kedua aplikasi di atas bisa Anda download melalui link di bawah ini,
USB_PREP8
PEtoUSB

langkah-langkah pembuatannya,
1. Masukkan USB Flashdisk ke komputer/laptop, ingat posisi drive-nya. Apakah F:, G:, H: dll
2. Masukkan CD Instalasi Windows XP ke Optical Drive. Jika keluar Autorun, batalkan saja.
3. Extract file USB_Prep8.rar yang barusan Anda download tadi.
4. Jalankan file usb_prep8.cmd maka di layar akan muncul jendela Command Prompt. Jika muncul tulisan “Press any key to continue . . . “ tekan sembarang tombol di keyboard.
5. Maka di jendela command prompt akan muncul opsi-opsi dari 0 sampai 5
6. Pilih opsi 1> Change XP Setup Source Path, currently [] untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan di copy ke flashdisk. Disinilah Anda pilih drive dimana CD instalasi Windows XP sudah ada di dalamnya. Atau pilih folder jika Anda telah menyalin file instalasi windows xp ke folder tersebut.
7. Pilih Opsi 3> Change Target USB-Drive Letter, currently [] untuk menentukan dimana Flashdisk Anda berada. Jika Flashdisk Anda berada di F:, maka ketik F dan tekan Enter, jika di G:, ketikkan G dan tekan Enter. Begitu seterusnya.
8. Selanjutnya pilih opsi 4> Make New Tempimage with XP LocalSource and Copy to USB-Drive untuk memulai pembuatan dan menyalin ke flashdisk. Jawab apapun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK.


Selesai…!!!
kini Flashdisk Anda telah siap digunakan untuk menginstall Windows XP. Silahkan melakukan setting boot di BIOS terlebih dahulu sebelum menginstall. Pastikan Removable Disk (atau apapun nama lainnya) menjadi first boot atau media pertama yang dijalankan saat booting.

semoga bermanfaat untuk kawan2 semua... :) FROM http://kofa-style.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

BACA ARTIKEL LAINNYA YA>>....................

jual beli liberty reserve, jual beli paypal
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
 
LAWANGSERIBU.COM | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog