Minggu, 16 Januari 2011

0
RESUME MANAGEMEN PEMASARAN

a.pengertian manajemen pemasaran
1.      Menurut kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
2.      Menurut Stanton, pemasaran meliputi seluruh system yang berhubungan dangan kegiatan untuk merencanakan dan menentukan harga. Hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli, baik yang actual maupun potensial.
3.      Menurut American marketing association. Pemasaran merupakan pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Kesimpulannyapemasaran adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang dan jasa dilakukan oleh perusahaan u/ mempertahankan kelangsungan perusahaannya, u/ berkembang, dan u/ mendapatkan laba.
b. prinsip manajemen pemasaran
            setiap perusahaan pasti mempunyai prinsip pemasaran yang berbeda-beda. Namun, semua prinsip yang digunakan bertujuan untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa yang dipasarkan perusahaan.
Prinsip-prinsip manajemen pemasaran sebagai berikut:
1.      Menetapkan pangsa pasar (target market) dengan tepat
2.      Memerhatikan perkembangan kebutuhan konsumen
3.      Memodifikasi barang dan jasa yang dihasilkan
4.      Menilai konsumen dan laba perusahaan
c.konsep manajemen pemasaran
            konsep manajemen pemasaran meliputi dua hal, yaitu:
1.      Konsep pemasaran (the marketing concept)
Konsep pemasaran merupakan suatu proses yang berubah-ubah sesuai dengan kondisi masyarakatnya, dan karateristik fisik masyarakat yang akan menentukan bentuk pemasaran yang dilakukan. Konsep pemasaran menyangkut tentang perencanaan produk yang akan dipasarkan, kebutuhan dan keinginan konsumen, serta cara promosi yang efektif untuk menjual produk perusahaan.
2.      Konsep penjualan (the selling concept)
Konsep penjualan berbeda dengan konsep pemasaran. Konsep penjualan pada intinya adalah mencapai tingkat penjualan yang tinggi tanpa memerhatikan kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari usaha perusahaan yang mendorong konsumen untuk terus melakukan pembelian dengan berbagai promosi.
d.proses manajemen pemasaran
            menurut Philip kotler, proses manajemen pemasaran antara lain:
1.      Mengorganisasikan proses perencanaan pemasaran.
2.      Menganalisis peluang pasar.
3.      Mengembangkan marketing mix.
4.      Mengelola usaha pemasaran.
e.marketing mix
            usaha pemasaran merupakan suatu rencana tindakan yang dilakukan oleh manajer. Rencana ini didasarkan atas analisis dan tujuan perusahaan. Usaha kegiatan ini diperlukan untuk membuat keputusan dari suatu perencanaan mencakup penentuan produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan distribusi (distribution) di masa yang akan dating untuk meningkatkan volume penjualan. Jadi, marketing mix merupakan kombinasi dari keempat kegiatan inti pemasaran tersebut.
1.      1.Produk
Produk merupakan sesuatu yang ditawarkan dipasar yang dapat memenuhi kebutuhan. Dalam perencanaan, pengelolaan, dan pengembangan produk perusahaan harus memerhatikan beberapa hal, yaitu pedoman untuk mengubah produk yang ada, menambah produk baru, atau mengambil tindakan lain yang dapat memengaruhi kebijakan dalam penentuan produk.
2.      2.Harga
Harga merupakan jumlah uang yang dibutuhkan untuk memperoleh suatu barang atau sejumlah kombinasi barang serta pelayanannya. Maka perusahaan harus menetapkan harga dengan mempertimbangkan harga produk sejenis, kemampuan daya beli masyarakat, jangka waktu perputaran dana, dan peraturan pemerintah.
3.      3.Promosi
Promosi merupakan alat yang digunakan perusahaan untuk memberitahu mempengaruhi pasar bagi produk perusahaan.
4.      4.Distribusi
Saluran distribusi merupakan kumpulan lembaga yang bergerak diantara produsen dan konsumen yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tugas distribusi dan memilih perantaraan yang akan digunakan dalam saluran distribusi dan mengembangkan system distribusi yang secara fisik menangani dan menyangkut produk melalui saluran tersebut.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan yang dapat membantu dan menentukan harga suatu produk dengan tepat agar dapat bersaing dipasaran dan menghasilkan keuntungan yang tinggi bagi perusahaan.
1.     1.      Sebaiknya menetapkan harga berdasarkan dari biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan.
2.      2.   Menetapkan harga berdasarkan permintaan.
3.      3.   Menetapkan harga dari suatu produk dengan melihat persaingan yang ada di pasaran.

0 komentar:

Posting Komentar

BACA ARTIKEL LAINNYA YA>>....................

jual beli liberty reserve, jual beli paypal
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
 
LAWANGSERIBU.COM | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog